And now , Bring me that horizon …

Lets start the new adventure !

Benarkah Nikah Didasari Dengan kecocokan..???

with 2 comments

Wah, banyak banget nih akhir-akhir ini saya denger orang di sekitar saya banyak yang merit.

Benarkah menikah didasari oleh kecocokan? Kalau dua-duanya doyan musik, berarti predikat sukses bisa tercapai..

Berbeda dengan sepasang sandal yang hanya punya spek kiri dan kanan, menikah adalah persatuan dua manusia, pria dan wanita. Dari anatomi saja sudah tidak sebangun, apalagi urusan jiwa dan hatinya. Kecocokan minat dan latar belakang keluarga bukan jaminan segalanya akan lancar.. Lalu apa?

Menikah adalah proses pendewasaan, dan untuk memasukinya diperlukan pelaku yang kuat dan berani. Berani menghadapi masalah yang akan terjadi dan punya kekuatan untuk menemukan jalan keluarnya. Kedengarannya sih indah, tapi kenyataannya?

Harus ada komunikasi dua arah, ada kerelaan mendengar kritik, ada keikhlasan meminta maaf, ada ketulusan melupakan kesalahan, dan keberanian untuk mengemukakan pendapat.

Sekali lagi menikah bukanlah upacara yang diramaikan gending cinta, bukan rancangan gaun pengantin ala cinderella, apalagi rangkaian mobil undangan yang memacetkan jalan.

Menikah adalah berani memutuskan untuk berlabuh, ketika ribuan kapal pesiar yang gemerlap memanggil-manggil.

Menikah adalah proses penggabungan dua orang berkepala batu dalam satu ruangan dimana ciuman, pelukan, dan hubungan cinta yang berkepanjangan hanyalah bunga.

Masalahnya bukanlah menikah dengan anak siapa, yang hartanya berapa, bukanlah rangkaian bunga mawar yang jumlahnya ratusan, bukanlah perencanaan berbulan-bulan yang akhirnya membuat keluarga saling tersinggung, apalagi kegemaran minum kopi yang sama.

Menikah adalah proses pengenalan diri sendiri maupun pasangan anda. Tanpa mengenali diri sendiri, bagaimana anda bisa memahami orang lain…

Tanpa bisa memperhatikan diri sendiri, bagaimana anda bisa memperhatikan pasangan hidup ?

Menikah sangat membutuhkan keberanian tingkat tinggi, toleransi sedalam samudra, serta jiwa besar untuk menerima dan memaafkan.

Written by rido284

August 23, 2008 at 3:16 pm

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. [quote]”Menikah sangat membutuhkan keberanian tingkat tinggi, toleransi sedalam samudra, serta jiwa besar untuk menerima dan memaafkan.”[/quote]

    SETUJU BANGED!!!
    Klo menurut gw sih menikah didasarkan atas kecocokan akan perbedaan (ngarti teu?)
    Gw pribadi menikah karena merasa cocok pasangan gw memiliki hal yg beda ma gw ndiri. Klo gua ga banyak ngomong, eh istri cerewet, Gw orangnya rapih… istri agak acak2an, ha ha ha… tp gw merasa cocok karena ada hal yg baru muncul dalam kehidupan, sesuatu yg bikin kita terus berkreasi karena perbedaan itu.
    Klo slalu sama mah repot atuh… nanti malah ego “asa aing” yg lebih dikedepankan…
    Sok lah geura karawin, menikah itu ibadah…

    nadhare

    September 10, 2008 at 2:24 pm

  2. emhh..
    menikah? itu yg sering datang di pikiran aku akhir2 ini.. semua yg kamu tulis di atas benar adanya.. setuju baget pokok nya.. tapi kalau menurut aku.. terjadi nya sebuah pernikahan kadang tidak di landasi apa2.. karena menikah adalah suatu misteri yg sulit terpecahkan sampai saat ini.. ( for some peoples ) intina mah.. pernikahan itu Tuhan punya kuasa yg semua ada di tangan nya.. bagi aku.. yg blum juga mennikah sampai saat ini walau sudah berkali2 trying and error.. tetep Jodoh di tangan Tuhan. di landasi kecocokan atau gak.. waktu dan dengan siapa pun itu lagi2 hanya Allah yg kuasa.. sehebat apa pemikiran dan antisipasi.. karena kita hidup dengan faktor X yg sangat berpengaruh besar.. faktor X itu bisa disebut NASIB! jadi balik lagi.. JODOH. ada dalam kuasa nya..

    rido mah nanti aja ya nikah nya..
    hehe…

    akanidia

    October 19, 2008 at 8:35 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: