And now , Bring me that horizon …

Lets start the new adventure !

TENGGELAM

with one comment

TENGGELAM

Mungkin terjadi dilaut maupun diair tawar dan dapat menyebabkan kematian.Bahaya yang mungkin terjadi adalah,masuknya air kedalaam paru-paru,jika masuk kedalam lambung tidak terlalu membahayakan.

Pertolongan :

Untuk korban yang sadar,segera bawa kedaratan. Hal yang sangat sulit, karena biasanya penderita panik dan berusaha memegang apa saja. Jika penolong penolong kurang tenang akan berakibat ikut tenggelam.

Teknik penyelamatan korban harus dikuasai oleh mereka yang menyenangi olah raga air (menyelam,berlayar,dan arung jeram). Setelah tiba ditempat aman, baringkan penderita.Bagi yang sadar akan mengeluarkn air dengan sendirinya, jika sudah terlalu banyak meminum air.Untuk itu dapat dibantu dengan menelungkupkan penderita dan memiringkan kepala ke salah satu isi..Kemudian tekan ulu hati penderita dengan sentakan. Ingat !! Kepala harus miring untuk menjegah masuknya air kedalam paru-paru.Untuk korban pingsan dengan pernafasan berhenti,berikan segera pernafasan dari mulut kemulut. Raba denyut nadi leher, jika terhenti, lakukan pemijatan jantung. Lakukan usaha tersebut terus menerus sampai penderita sadar,atau justru tidak bisa tertolong lagi/meninggal. Penderita dengan riwayat tenggelam,meski sudah sadar,harus tetap dibawah kerumah sakit,untuk diobservasi minimal 24 jam pertama. Hal ini dilakukan untuk mengawasi kemungkinan timbulnya kembali udara dalam pembuluh darah, serta untuk menjegah infeksi paru-paru.

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. MATERY’A KURANG BANYAK

    dhea

    May 28, 2009 at 12:54 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: